• Headline

    Kebakaran di Cimahi, Ibu dan 2 Anaknya Tewas

    Oleh : Ahmad Sayuti12 Oktober 2018 08:01

    INILAH, Cimahi- Lagi kebakaran besar merenggut korban di Kota Cimahi. Kali ini seorang ibu dan dua anaknya tewas di rumahnya Gang Edeng, Kampung Bandit Tengah, RT 02, RW 18, Kecamatan Cimahi Tengah, Kamis (11/10/2018) sekitar pukul 21. 40 WIB.

    Adapun korban yang meninggal, yakni Nurhayati (36), Alma (11) dan Hana (2). Hasil dugaan sementara kebakaran terjadi dari nyala api lilin. Sebab saat terjadi kebakaran, tengah dilakukan pemadaman bergilir oleh PLN.

    Salah seorang saksi, Uun Sumirah (41) menyebutkan, saat kebakaran rumahnya dan rumah adiknya tengah terjadi pemadaman bergilir.
    "Saat kebakaran tengah mati lampu sekitar dua jaman. Saya sadar waktu ada asap masuk rumah, dan api di rumah adik saya sudah membesar," kata Uun yang rumahnya berdampingan dengan korban.

    Uun pun langsung ke luar rumah dan berteriak minta tolong warga untuk memadamkan api. Bahu membahu dengan warga, dirinya pun berusaha memadamkan api dengan bantuan pemadam Kota Cimahi.

    "Saya minta suami saya untuk mendobrak pintu rumah Hamdan. Kebetulan Hamdan sedang tidak di rumah, jadi yang saya tahu anak dan istrinya di rumah. Setelah berhasil didobrak, kagetnya lihat Nur, Alma, dan Hana sudah hangus terbakar," ujarnya.

    Sementara Pemadam kebakaran Kota Cimahi yang menerima laporan adanya peristiwa kebakaran dan menuju lokasi kejadian, kesulitan menjangkau titik api karena berada di kawasan padat penduduk.

    "Kita lihat akses masuk petugas yang paling cepat itu hanya melalui gedung Cimahi Convention Center (CCH) yang ada di belakang rumah titik api. Jadi itu yang mempermudah kita melakukan pemadaman," kata Kasatpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Dadan Darmawan.

    Begitu anggotanya tiba di lokasi, kobaran api sudah membesar dan menghanguskan sebagian besar rumah. Dibantu warga setempat, api akhirnya berhasil dijinakkan 1,5 jam kemudian.
    Petugas mengerahkan 3 unit mobil pancar dan satu mobil rescue. Setelah dipastikan padam, petugas lalu melakukan pendinginan dan penyisiran di dalam rumah.

    Saat itulah tim menemukan tiga orang korban yang diperkirakan seorang ibu dan dua orang anaknya di ruangan belakang tewas dengan tubuh hangus terbakar.

    Nur beserta anaknya diperkirakan terjebak di kamar. Ketika ditemukan, Nur tengah berbaring bersama Hana, sedangkan Alma dalam posisi menyender di tembok.

    Hasil inventarisir, dampak kebakaran ini menyebabkan kerusakan rumah korban hingga 68 persen dan total kerugian diperkirakan mencapai Rp300 juta.

    TAG :


    Berita TERKAIT