• HUT Kota Bandung, Dewan Ingatkan Wali Kota Selesaikan Hal yang Belum Tuntas

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri25 September 2018 17:48
    fotografer: Syamsuddin Nasution
    INILAH, Bandung - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyentil Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam Rapat Paripurna Istimewa memperingati hari jadi Kota Bandung ke-208.

    Sindiran tersebut menyangkut pelayanan dasar pemerintah terhadap masyarakat.

    Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Bandung, Isa Subagja menyampaikan sejumlah poin yang masih kurang di antaranya dari bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, pemukiman warga, ketentraman ketertidan dan perlindungan masyarakat, serta permasalahan sosial.

    "Nah tadi yang menyangkut urusan wajib, pelayanan dasar ada sekolah, kesehatan, sosial termasuk di dalamnya penanganan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial). Nah itu belum tuntas, bukan berarti negatif, tapi belum tuntas," kata Isa usai rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Selasa (25/9).

    Isa menegaskan segala kritikan itu tak lantas menilai pemerintahan Kota Bandung di masa kepemimpinan Ridwan Kamil dan Oded Muhammad Danial begitu buruk.

    Namun, dia mengingatkan ada persoalan mendasar yang kini harus dihadapi Oded sebagai wali kota baru, bersama wakilnya Yana Mulyana.

    "Kalau boleh saya luruskan sedikit bukan yang negatif, kan selama ini perjalanan periode Mang Oded dan Kang Emil itu (Ridwan Kamil) mengukir banyak prestasi, yang disampaikan itu hal-hal yang belum tuntas," jelasnya.

    Dipaparkan Isa, segala kekurangan tersebut akan menjadi perhatiannya agar bisa selalu berkolaborasi dengan Pemkot Bandung guna mencari solusi penuntasannya.

    Dia memastikan DPRD Kota Bandungakan terus mengingatkan Oded-Yana agar jangan sampai lalai dalam melakukan pembangunan di Kota Bandung.

    Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial menilai bahwa kritikan dari dewan sangat objektif. Menurutnya apa yang disampaikan oleh Isa menjadi bahan evaluasi bagi kepemimpinannya dalam lima tahun ke depan.

    "Saya melihat ini sebuah refleksi dari hari jadi Kota Bandung, beliau menyoroti dari sisi bagaimana kekurangan dan beliau sangat objektif bagaimana kelebihan itu. Hal yang negatif, hal yang positif beliau sampaikan," timpal Oded.

    Ditambahkan Oded, kritikan dari dewan tersebut menjadi masukan yang bagus untuk memperbaiki kualitas pelayanan Pemkot Bandung.

    "Bagi Mang Oded bahwa ketika kita mendapatkan masukan-masukan yang bersifat negatif saya kira ini ga boleh tabu, dan saya kira ini vitamin buat kami karena kami harus terus meningkatkan kinerja kami dengan baik," tandasnya.

    TAG :


    Berita TERKAIT