• Headline

    Emil Rekomendasikan Pejabat Cimahi Menjadi Sekda Kota Bandung

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri20 Juli 2018 17:33

    INILAH, Bandung " Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil akhirnya sudah memilih salah seorang dari tiga nama yang akan direkomendasikan kepada Kementerian Dalam Negeri sebagai Sekertaris Daeraf (Sekda) definitif. Sosok yang terpilih tersebut yakni Benny Bachtiar.

    Emil, panggilannya, menyatakan bahwa pemilihan Benny sebagai calon Sekda yang akan direkomendasikan tersebut sudah melalui banyak kajian. Salah satunya, berdiskusi bersama Oded Muhammad Danial yang akan naik tahta sebagai wali kota periode 2018-2023.

    “Jadi saya sudah menerima 3 nama dari sekda itu kemudian ini sudah dilakukan kajian lanjutan sudah berdikusi dengan mang oded berkali kali, dan di hari ini saya umumkan secara fair dan adil hasil musyawarah, maka calon Sekda Kota Bandung yang akan diajukan ke Kemendagri untuk proses selanjutnya adalah bapak Benny Bahtiar,” kata Emil di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, bandung, Jumat (20/7).

    Pemilihan nama Benny cukup mengejutkan, mengingat jabatan sebelumnya menempati posisi di Kota Cimahi. Yaitu sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Cimahi.

    Sementara dua kandidat lainnya merupakan Kepala Badan Pengelola dan Pendapatan Daerah (BPPD) Ema Sumarna, serta Mohamad Salman Fauzi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung.

    “Pertimbangan banyak sekali kalau dibahas ya. Intinya semua tiga besar itu baik, Pak Ema sangat baik, Pak Salman sangat baik, Pa Benny sangat baik,” ujarnya.

    Namun dari sederet kualifikasi yang dimiliki oleh tiga kandidat kuat sebelumnya, Emil melihat sosok Benny mempunyai potensi besar untuk bisa mengamankan pemerintahan Kota Bandung di masa jabatan Oded bersama wakilny, Yana Mulyana.

    “Tapi dari hasil wawancara dan kajian yang dibutuhkan 5 tahun ke depan oleh Kota Bandung dan juga masukan dari Pak Oded sebagai wali kota terpilih, saya juga menyetujui memang sosok Pak Benny Bachtiar yang dibutuhkan di 5 tahun ke depan,” jelasnya.

    Emil menyatakan banyak sekali pertimbangan yang dipikirkan untuk bisa menjatuhkan pilihan mengangkat Benny dari Cimahi. Sekalipun dari luar Kota Bandung, dia meyakini kemampuannya mumpuni.

    Diungkapkan Emil, dalam dunia birokrasi para pejabat yang berpindah daerah sudah lumrah. Dia juga meyakini bahwa Benny tidak akan kesulitan membaur dengan pemerintahann Kota Bandung.

    “Engga silahkan selidiki sudah biasa dalam dunia kebirokrasian siapapun yang terpilih dari mana saja akan beradaptasi maksimal untuk kepentingan tempat kerjanya yang baru,” cetusnya.

    Emil juga menegaskan apabila dia akan ikut memantau kinerja Benny sekalipun sudah menjadi Gubernur Jawa Barat nantinya. “Ditambah saya sebagai gubernur akan membimbing sekda baru ini dari Gedung Sate untuk memastikan prestasi-prestasi Pak Yossi yang selama ini luar biasa bisa dipertahankan oleh sekda yang baru,” dia menegaskan.

    Selain pemilihan Benny, Emil juga mengumumkan tiga pejabat baru di lingkungan Pemerintah (Pemkot) Bandung. Dia adalah Yayan Briliyana yang diusulkan menjadi Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP). Sebelumnya, Yayan merupakan Kepala Bagian Humas Pemkot Bandung.

    Selanjutnya ada nama Dadang Dharmawan yang naik jabatan dari Kepala Bagian Umum Pemkot Bandung kemudian diajukan menjadi Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Prasarana Sarana Utilitas Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung. Lalu camat Cicendo, Fajar Kurniawan yang akan dipromosikan sebagai Kepala Inspektorat.

    “Kemudian juga kepala dinas saya sampaikan untuk dinas DPKP3 itu Pak Dadang Dharmawan. BKD Yayan Brilyana dan untuk inspektorat Fajar Kurniawan Camat Cicendo. Itu pejabat baru yang hari Senin akan diproses ke tingkat nasional,” pungkasnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT