• Ridwan Kamil-Oded Danial Kembali Pimpin Bandung

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri24 Juni 2018 12:32
    INILAH, Bandung - Masa cuti selaman 130 hari untuk berkampanye di kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 telah dihabiskan oleh Ridwan Kamil. Terhitung sejak Minggu (24/6) ini, dia kembali menduduki jabatan sebagai Wali Kota Bandung.

    Serah terima jabatan secara resmi dilakukan di Pendopo Kota Bandung pada Sabtu (23/6) malam. Turut hadir pula Oded Muhammad Danial yang kembali bertugas mendampingi Ridwan Kamil sebagai Wakil Wali Kota.

    Emil, panggilannya, sangat berterimakasih kepada Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung, Muhammad Solihin yang dinilainya mampu mempertahankan citra positif Kota Bandung. Termasuk pelayanan publik yang tetap berjalan dengan baik ketika dimonitoring olehnya.

    "Penjabat sementara luar biasa 130 hari itu berita-berita miring sedikit lah, jadi artinya sistem pemerintahan pelayanan publik ke masyarakatan terkendali, itu adalah prestasi," kata Emil usai acara di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Sabtu (23/6) malam.

    Emil mengaku sedikit gusar ketika pertamakali cuti sebagai wali kota. "Jadi saya setelah mengamati minggu-minggu pertama akhirnya tenang, meninggalkan sementara Bandung karena urusan politik kepada beliau," imbuhnya.

    Emil bahkan cukup salut dengan kinerja Solihin yang mampu mengcover tugas seorang diri. Bukan hanya urusan terkait pemerintahan dan pelayanan publik saja, namun juga turut berpartisipasi mensukseskan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung dan Pilgub Jawa Barat.


    Kini Emil kembali berkonsentrasi mengurus Kota Bandung hingga masa jabatannya berakhir pada pertengahan September mendatang. Dia tidak boleh lagi berbicara soal pencalonannya di Pilgub Jawa Barat, begitupula dengan Oded yang maju sebagai calon wali kota Bandung periode 2018-2023.

    "Tentunya saya mulai bertugas pukul 24.00, lencana garuda saya pasang lagi di dalamnya terikat etika aturan terikat, saya ga boleh ngomong politik lagi setelah jam 12 malam, fokus melayani masyarakat turun ke lapangan mengecek infrastruktur banyak laporan mengecek keamanan, paling yang berhubungan dengan pilkada istigosah meminta doa para ulama ulama agar hari Rabu (27/6) dilancarkan proses luar biasa," paparnya.

    Sementara itu, Muhammad Solihin mengaku samasekali tidak kesulitan ketika memimpin Kota Bandung. Sebab, dia hanya menjalankan program yang semuanya sudah tersusun rapi dan matang yang dipersiapkan oleh Emil-Oded.

    "Sebetulnya saya sangat dimudahkan dalam menjalankan Pjs Kota Bandung karena sebelumnya Pak Ridwan Kamil dan Pak Oded sudah melaksanakan berbagai perencanaan yang sangat matang. Sehingga saya melaksanakan tugas selama 130 hari itu sangat dimudahkan dengan apa yang sudah dilaksanakan oleh beliau-beliau ini," timpal Solihin.

    Solihin juga bersyukur semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) telah terkoordinir dengan baik, sehingga kinerja mampu bergulir secara lancar.

    "Alhamdulillah semua perangkat daerah bisa menjalankan tugas yang sudah dibuat sehingga semua berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Kota Bandung," pungkasnya.

    TAG :


    Berita TERKAIT