• Headline

    Libur Lebaran, 813.797 Kendaraan Melintas Lembang

    Oleh : Ahmad Sayuti22 Juni 2018 18:22
    INILAH, Cimahi- Selama libur Lebaran Idul Fitri 2018, sebanyak 813.797 kendaraan melintas di kawasan wisata Lembang, baik roda dua maupun roda empat. Kepolisian dan Dishub menerapkan sistem one way dan buka tutup untuk mengurai kepadatan kendaraan.

    Kasat Lantas Polres Cimahi AKP Suharto menyebutkan, umlah tersebut merupakan akumulasi terhitung mulai libur lebaran atau dari H+1 hingga Kamis (21/6/2018). ‎Kendaraan yang melintas ke kawasan Lembang bervariasi, dari roda dua hingga roda empat.


    "Jumlah kendaraan tersebut dihitung hingga hari kemarin, (Kamis) dan jumlahnya terus mengalami penurunan," katan‎ya saat dihubungi, Jumat (22/6/2018).

    Namun ‎volume kendaraan di jalur Wisata Lembang, pada H+4 lebaran mulai mengalami penurunan sekitar 20 persen karena jumlah wisatawan juga sudah mulai berkurang lantaran sudah banyak yang masuk kerja.

    Menurutnya, pada H+4 Lebaran jumlah kendaraan yang melintas di Jalur Wisata Lembang sebanyak 62.921 atau menurun sebanyak 10 persen dan pada H+5 sebanyak 53.381 kendaraan atau menurun sebesar lima persen.

    Suharto mengatakan, selama libur lebaran 2018, di jalur Wisata Lembang pihaknya setiap hari melakukan rekayasa arus lalulintas seperti one way dan contra Flow serta penebalan personel di pintu-pintu masuk tempat wisata.

    "Di tempat-tempat wisata kami melakukan pengontrolan tempat parkir untuk antisipasi kemacetan, jika sudah penuh kita tutup sementara," ujarnya.

    Staf Manajemen Rekayasa Lalulintas, Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Didin Nuslihudin, mengatakan jumlah kendaraan yang melintas tersebut dihitung menggunakan alat traffic counting dengan data akumulasi per jam.

    Penghitungan jumlah kendaraan tersebut, dari kendaraan yang melaju dari arah Kota Bandung maupun yang melaju dari Subang dan dimonasi pengendara yang hendak berwisata dikawasan tersebut.

    "Kita hitung dari mulai pukul 08.00 WIB hingga malam hari tergantung volume kendaraan yang melintas dikawasan ini," ujarnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT