• Cimahi Buka Dua Posko Kesehatan untuk Pemudik

    Oleh : Ahmad Sayuti14 Juni 2018 10:30
    INILAH, Cimahi- Posko Kesehatan yang didirikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi siap memberikan pelayanan kesehatan bagi para pemudik. Posko tersebut akan terus buka hingga arus mudik-balik Lebaran Idul Fitri 2018 selesai.

    Posko kesehatan milik Dinkes didirikan di dua lokasi. Pertama di batas kota Cimahi dan Kota Bandung, dan kedua di Alun-alun Kota Cimahi.

    Seperti yang terlihat di posko kesehatan di Alun-alun Cimahi, seorang dokter dan dua orang perawat serta satu sopir ambulans tampak siaga untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pemudik.

    Petugas Kesehatan dari Puskesmas Cimahi Tengah, Dr Ami mengatakan, Posko kesehatan tersebut sudah mulai beroperasi sejak, Sabtu (9/6/2018) dan sudah ada pemudik yang memanfaatkan pelayanan kesehatan gratis tersebut.

    "Alhamdulillah sejak pertama buka kita sudah layani pasien yang mau mudik," katanya, Kamis (14/6/2018).

    Ami menyebutkan, selain seorang dokter di setiap posko kesehatan juga didampingi dua orang perawat dan satu orang sopir ambulans. Posko ini buka dari pukul 08.000 WIB, hingga pukul 22.00 WIB, dan dibagi menjadi dua shift.

    Petugas yang jaga tidak hanya dari Puskesmas, tapi juga dari Dokkes Polres Cimahi dan Dinkes.

    Di setiap posko kesehatan, selain tenaga medis juga disediakan obat-obatan gratis untuk para pemudik yang mengalami gejala penyakit ringan. Jika saat diperiksa ada pemudik atau masyarakat yang penyakitnya berat, makan akan langsung dirujuk ke RSUD Cimahi.

    "Pasien yang mudik biasanya mengalami mual dan pusing," ujarnya.

    Untuk pasien yang mengalami gejala penyakit seperti itu, kata Ami, petugas langsung melakukan pengecekan kesehatan seperti pengecekan tensi darah kepada pasien.

    Untuk pasien yang telah mendapat pelayanan gratis di Posko tersebut, lanjutnya, diharuskan beristirahat beberapa jam sebelum melanjutkan perjalanan hingga kondisinya kembali fit.

    Pemudik yang mengalami pusing saat di perjalanan itu biasanya karena faktor kelelahan kalau yang batuk biasanya faktor polusi akibat arus lalu lintas yang cukup padat.


    TAG :


    Berita TERKAIT