• Pemkot Bandung Gelar Lomba Tps Dan Diskon Jari Ungu

    Oleh : Ghiok Riswoto26 Juni 2018 23:33
    Guna meningkatkan partisipasi pemilih, tahun ini Pemkot Bandung bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menggelar lomba Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pemenangnya akan mendapatkan hadiah senilai Rp10 juta dari Pemerintah Kota Bandung.

    Tiga komponen penilaian, yaitu dekorasi, partisipasi, dan aksesibilitas. Pada kategori dekorasi, pemenangnya adalah TPS dengan dekorasi paling unik kreatif. Warga bisa menghias TPS dengan tema tertentu.

    Sementara itu, kategori partisipasi penilaiannya dari jumlah keikutsertaan pemilih di TPS tersebut yang mendekati 100%. Sedangkan penilaian kategori aksesibilitas dilihat dari keterjangkauan TPS bagi pemilih difabel.

    Tak hanya itu, Pemkot Bandung dan KPU Kota Bandung juga bekerja sama dengan pengusaha restoran di Kota Bandung untuk memberikan potongan harga bagi pengunjung yang telah menggunakan hak pilihnya.

    “Saya sudah mengirimkan edaran siapa warga yang ingin makan setelah pencoblosan datangi restoran yang berpartisipasi memberikan diskon. Kuncinya adalah tunjukkan kelingkingnya sudah dicelupkan oleh tinta ungu. Mudah-mudahan tidak berkeliling demi diskon. Cukup di satu tempat saja,” ujar Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil di Taman Sejarah Balai Kota Bandung, Selasa (26/6/2018).

    Pada pemilu kali ini, Ridwan akan mencoblos di TPS 21 Kelurahan Cigadung. Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial akan memilih di TPS 002 Kelurahan Sukaraja.

    “Karena TPS dekat rumah temanya Piala Dunia, maka nanti saya pakai seragam Jerman. Bu Cinta (Atalia) seragam Brazil. Supaya terlihat lagi Piala Dunia dan pencoblosan,” ujar Ridwan.


    TAG :


    Berita TERKAIT