Kereen, Purwakarta Punya Perpustakaan Zaman Now

Kereen, Purwakarta Punya Perpustakaan Zaman Now

Selasa, 12 Februari 2019 | 14:14 WIB
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mulai memaksimalkan peran perpustakaan daerah. INILAH/Asep Mulyana
INILAH, Purwakarta - Buku, merupakan jendela ilmu. Dengan buku, semua rahasia tentang pengetahuan dunia akan terungkap. Salah satu kunci untuk membukanya, tak lain adalah dengan membaca.

Namun sayang, sejak perkembangan teknologi yang semakin maju, penggemar baca buku pun semakin berkurang. Bahkan, budaya membaca nyaris terlupakan oleh generasi muda.

Mungkin, saat ini yang cenderung lebih diperhatikan, yakni tayangan televisi, sosial media dan permainan elektronik digital lainnya. Apalagi, saat ini sedang trend fasilitas-fasilitas hiburan yang menggunakan jaringan internet.

Atas dasar itu, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menggagas sebuah program sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk melestarikan budaya baca di masyarakat. Yakni, dengan memaksimalkan peran perpustakaan daerah (Perpusda).

Uniknya, penataan perpustakaan kali ini dibuat dengan tema kekinian. Yakni mengusung konsep digital berbasis aplikasi. Jadi, perpustakaan tersebut dibuat dengan sistem digital (e-book), namun tetap tidak mengesampingkan buku konvesional.

"Jadi, mulai hari ini warga Purwakarta bisa mengakses buku-buku secara digital di perpustakaan daerah," ujar Anne kepada INILAH, saat meresmikan Perpusda Zaman Now, di Jalan KK Singawinata, Selasa (12/2).

Dia menjelaskan, saat ini perpustakaan daerah ada dua penampilan. Yakni, buku yang ada bentuk fisiknya (konvensional). Serta, buku yang bisa diakses secara digital. Baik, melalui telepon selular, laptop ataupun komputer (e-book).

Khusus untuk e-book, ada aplikasi khusus yang sudah bisa diunduh masyarakat melalui smartphone. Selain itu, syarat untuk meminjam buku digital ini, sama seperti meminjam buku konvensional. Yakni, warga harus mendaftarkan identitasnya dulu kepada petugas yang ada. 

Terkait buku yang tersedia di perpustakaan ini, kata dia, sangat beragam. Tahap pertama, di perpustakaan seluas 500 meter ini, ada sedikitnya 3.600 judul buku digital, dan 25 ribu judul buku konvensional. Mayoritas, yang tersedia merupakan buku pengetahuan.

"Mudah-mudahan, kehadiran perpustakaan zaman now ini bisa meningkatkan minat baca. Ini juga, bagian dari komitmen kami meningkatkan SDM di semua tingkatan dan usia," tambah dia. 

Dia menambahkan, dengan adanya perpustakaan digital ini, diharapkan minat baca masyarakat bisa lebih meningkat lagi. Apalagi, di tahun-tahun sebelumnya, sampai saat ini pengunjung perpustakaan baru 72 persen. Target kedepan, tingkat kunjungan mencapai 92 persen dari total penduduk Purwakarta.

Asep Mulyana / bsf

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Rabu, 20 Februari 2019 | 22:00 WIB

    Pemkab Garut Anggarkan Rp15 Miliar Bangun Sumber Mata Air

  • Rabu, 20 Februari 2019 | 17:30 WIB

    Kapolda Jabar: Bos Batik Alliera Resmi DPO