Mentan Salurkan 1 Juta Bibit Kopi di Hulu Sungai Citarum

Mentan Salurkan 1 Juta Bibit Kopi di Hulu Sungai Citarum

Kamis, 10 Januari 2019 | 22:04 WIB - Oleh: Dani Rahmat N.
Mentan Salurkan 1 Juta Bibit Kopi di Hulu Sungai Citarum. INILAH/Dani Nugraha

INILAH, Bandung- Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman mendistribusikan 1 juta bibit kopi yang memiliki produktivitas tinggi kepada para petani di hulu sungai Citarum, Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Kamis (10/1).

Selain bibit kopi, bibit lain yang disalurkan kepada petani yaitu kentang. "Para petani ini kita harus bantu. Pertama bantu 1 juta pohon kopi, tahun ini dan tahun depan dan total 3 juta pohon. Kopi ini memiliki produktivitas yang tinggi bukan seperti kopi yang biasa. Ini kopi unggul," kata Andi disela melakukan penanaman bibit kopi di hulu sungai Citarum, Kamis (10/1).

Andi mengatakan, bibit kopi yang disalurkan kepada petani memiliki produktivitas sekitar 3.5 sampai 4 ton perhektar dan pertahun. Sedangkan, rata- rata produksi kopi saat ini perhektar pertahun sekitar 700 kg atau 0.7 ton perhektar dan pertahun.

"Ini sama dengan produksi tertinggi di dunia ada di Vietnam. Kami kirim ahli Indonesia ke Vietnam. Kalau Indonesia produktivitasnya bisa meningkat maka bisa menduduki peringkat satu dunia," ujar Andi.

Ia menambahkan, sudah dua tahun pihaknya melakukan pembibitan dan diperkirakan 3 hingga 5 tahun ke depan para petani akan menikmati hasil menanam dari kopi. Tentunya dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Dikatakan Andi,  pihaknya secepatnya akan terus menyalurkan bibit kopi di hulu sungai Citarum sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).  "Targetnya secepatnya, kita diberi target secepatnya oleh presiden," katanya.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruhzanul Ulum mengatakan pada  kepemimpinan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sektor pertanian masuk urutan keempat dalam skala prioritas pembangunan.

"Pertanian adalah skala prioritas menjadi no empat. Kenapa harus pertanian digenjot karena wilayah pertanian luar biasa," ujarnya.

Bupati Bandung, Dadang M Naser mengimbau kepada para petani agar ikut menyukseskan program penanaman bibit kopi. Termasuk jika masih adanya permasalahan lahan maka bisa diselesaikan dengan baik.

"Kami mohon kepada petani kerjasama dengan baik. Jangan ada sampai permasalahan terkait dengan kondisi lahan," katanya.

Dani Rahmat N. / bsf

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Selasa, 22 Januari 2019 | 02:30 WIB

    PPDB 2019 Harus Lebih Baik

  • Senin, 21 Januari 2019 | 17:00 WIB

    BNNK Gelar Sidak di Setda KBB, Ada Apa?

  • Senin, 21 Januari 2019 | 16:20 WIB

    Uang Rp 1 M ke Iwa Karniwa Mengalir Via Waras Wasisto

  • Senin, 21 Januari 2019 | 16:15 WIB

    Iwa Siap Jadi Saksi Sidang Suap Meikarta