Era 4.0, SDM Komunikasi Harus Cerdas Teknologi

Era 4.0, SDM Komunikasi Harus Cerdas Teknologi

Rabu, 9 Januari 2019 | 17:07 WIB - Oleh: Ghiok Riswoto
Seminar Nasional Organisasi “Oration” 2019. Istimewa

INILAH, Jatinangor - Menghadapi era 4.0 atau era revolusi yang ditandai dengan kemajuan teknologi, industri membutuhkan sumber daya manusia (SDM) komunikasi yang cerdas teknologi.

Hal tersebut disampaikan oleh Prof Dr H Engkus Kuswarno, MS sebagai keynote speaker pada Seminar Nasional Organisasi “Oration” di Kampus Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jatinangor, Rabu (9/1).

Ia menjelaskan revolusi industri 4.0 ditandai dengan tersentuhnya semua aspek industri oleh dunia virtual. “Semakin hari dunia kerja kita semakin akrab dengan mesin, data, dan teknologi robot,” terang profesor di bidang komunikasi yang menelurkan ide tentang komunikologi ini.

Teknologi yang sangat cepat dan serba internet ini mempengaruhi pola hubungan manusia dalam bermasyarakat di berbagai bidang. “Bisa dikatakan perubahan skin to skin menjadi screen to screen,” ujar akademisi yang pernah mendapat tanda kehormatan dari Presiden RI ini.

Relasi virtual tersebut diharapkan berjalan dengan kecerdasan dan dihadapi dengan bijaksana agar dapat menghasilkan output positif. Kecanggihan teknologi dalam dunia usaha dan industri juga harus disikapi secara cepat dan matang agar eksistensi perusahaan tetap terjaga.

Untuk itu, diharapkan SDM yang tersedia mampu menghadapi era yang serba sulit dan berdaya saing tinggi.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fikom Unpad Dadang Rahmat Hidayat yang turut hadir memberikan apresiasi pada gelaran Seminar Nasional Organisasi Oration ini.  “Lewat acara ini saya yakin mahasiswa mampu dan punya solusi yang baik dalam memecahkan permasalahan komunikasi organisasi,” ungkap mantan Ketua Komisi Penyiaran Pusat ini.

Gelaran Oration ini menampilkan sebanyak 95 artikel yang berisi terobosan pemikiran berorganisasi dalam menghadapi era 4.0 ditampilkan pada Seminar Nasional Komunikasi Organisasi "Oration" ini.

"95 artikel tersebut berhasil terpilih dari 114 artikel ilmiah yang masuk ke panitia Oration," ujar ketua panitia penyelenggara seminar nasional ini, Tatang Manggala.

Artikel terpilih tersebut  merupakan artikel dengan terobosan pemikiran terbaik yang juga sudah lolos uji plagiasi.

Kesemua artikel terpilih tersebut mewakili delapan subtema dari tema besar "The Future of Organizational Communication In The Industrial Era 4.0.

Pada pelaksanaan Oration yang berlangsung pada 9 Januari ini diberikan juga materi dalam sesi Materi Penghantar (Keynote) mengenai “The Future of Organizational Communication in The Era Industry 4.0”.

Ghiok Riswoto / sur

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Rabu, 23 Januari 2019 | 21:45 WIB

    Ada Semburan Gas di Sumur Aktif Pertamina

  • Rabu, 23 Januari 2019 | 15:00 WIB

    Target Capaian Pajak Daerah Purwakarta Naik 20 Persen

  • Rabu, 23 Januari 2019 | 14:35 WIB

    Minibus Hantam Pejalan Kaki, Satu Orang Pelajar Tewas

  • Rabu, 23 Januari 2019 | 12:55 WIB

    Kasus DBD di Purwakarta Mulai Meningkat