Bikin Asyik Liburanmu, Meski Hanya di Rumah

Bikin Asyik Liburanmu, Meski Hanya di Rumah

Sabtu, 5 Januari 2019 | 10:22 WIB - Oleh: Inilah koran
ilustrasi. net

INILAH, Bandung-Bicara soal liburan semua pasti suka dan menantikan waktu yang satu ini. Saat libur kita bisa bebas dari semua aktivitas rutin yang biasa kita lakukan. Umumnya liburan diisi dengan travelling dan jalan-jalan ke luar kota.

Tetapi buat kamu yang lagi bokek atau yang lagi tak punya rencana jalan-jalan tak usah bersedih. Kamu bisa habiskan liburan kamu di rumah saja. Liburan di rumah tak kalah asyik kok dan tentunya masih bisa seru-seruan juga.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan selama liburan. Lakukan hobi kamu yang biasanya belum sempat kamu lakukan selama hari biasa. BP-Guide akan memberikan seabrek solusi untuk kamu yang liburan di rumah saja.

 Berikut Tips Mengisi Liburan di Rumah

1. Jangan Begadang



Liburan di rumah saja lalu kamu jadi bete, jangan dong ya. Saat liburan di rumah, harusnya kamu senang dong karena bisa melakukan aneka hal yang biasanya belum sempat kamu lakukan di hari biasa. Kamu bisa nonton drama Korea seharian, bisa juga main game sepuas kamu.

Namun, yang harus diingat kala liburan di rumah adalah hindari begadang. Seperti kata bang Haji Rhoma Irama, jangan begadang jika tak ada perlunya. Begadang semalaman akan membuat muka jadi pucat dan tubuh jadi lesu. Kalau sudah begini, keesokan harinya kamu jadi malas mau ngapa-ngapain karena tubuh terasa letih.

2.Hindari Terlalu Lama Menonton Telev
isi

Liburan panjang sudah tiba nih, saatnya manfaatkan waktu yang ada untuk melakukan hal yang kamu sukai. Mulai deh rencanakan apa saja yang akan kamu lakukan untuk menghabiskan liburan. Hobi kamu yang sempat terlantar bisa mulai kamu tekuni lagi di liburan ini.

Memang, pada saat liburan panjang, televisi akan menyajikan deretan acara menarik untuk ditonton. Mulai dari film bioskop yang belum sempat kita tonton hingga aneka kartun menarik dihadirkan selama liburan. Orang tua pastinya tak akan melarang selama apa kita menonton televisi kala liburan.

Namun, sebaiknya hindari menghabiskan liburan hanya dengan menonton televisi ya. Menarik memang, dan justru hal itu bikin kita ketagihan. Akibatnya kelamaan nonton televisi bikin mata panas dan merah. Selain itu badan juga jadi pegal karena kurang gerak.

3.Bersosialisasi


Liburan ini tak ada rencana traveling? Bagus dong, karena dengan demikian kamu bisa mulai bersosialisasi dengan saudara dan teman. Memang pada hari biasa kamu juga bertemu dengan mereka, namun kala liburan tiba, mengunjungi saudara dan teman lama akan jadi momen yang seru.

Kamu bisa kunjungi teman yang sudah lama tak ketemu. Bisa juga mengunjungi saudara jauh yang jarang bisa ditemui kecuali kalau lagi liburan. Dengan begini, liburan jadi asyik dan tali silaturahmi tetap terjaga. Kamu bisa sharing, berbagi pengalaman dan cerita hingga bisa juga melakukan hobi bersama.

4.Hindari Malas-malasan


Banyak hal yang bisa kita lakukan kala liburan di rumah saja. Mulai dari beres-beres rumah, menata taman, melakukan hobi, dan lain sebagainya. Namun sayangnya sebagian besar orang justru memanfaatkan momen liburan di rumah untuk sekedar bermalas-malasan.

Jika kamu hanya tiduran di kasur seharian justru bisa merusak pola hidup loh. Karena saat kembali beraktivitas kamu jadi malas. Mengistirahatkan tubuh di hari libur boleh saja, namun jangan sampai membuang waktu yang ada.

Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai kegiatan yang lebih produktif. Lakukan banyak kegiatan menyenangkan yang biasanya tak bisa kamu lakukan kala sedang tak libur.

5.Memasak Bersama


Liburan di rumah saja, boring dong? Enggak juga kok. Karena ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama. Sedang libur, mengapa tak memasak bersama orang terkasih?

Memasak bisa jadi hal yang paling menyenangkan karena kamu bisa berkreasi sesuka hati. Kamu bisa browsing aneka resep di internet. Mau bikin kue atau masakan utama kamu tinggal browsing yang kamu mau.

Kamu bisa masak bareng untuk dinikmati bersama setelahnya. Pasti seru mengajak satu keluarga masak bersama. Atau bisa juga membuat kompetisi masak antara kamu dan orang tersayang. Nantinya pilih tetanggamu untuk menjadi jurinya. Siapkan juga hadiah dan hukuman untuk yang menang dan kalah. Liburan di rumah bisa jadi seru banget dengan memasak.

6.Shopping


Saat liburan panjang tiba, mendadak kota besar jadi sepi. Hal itu mungkin karena kebanyakan penghuninya pulang kampung. Bisa juga karena mereka pada berlibur di luar kota.

Kamu yang liburan ini tak ke mana-mana alias di rumah saja, bisa loh manfaatkan liburan ini. Kamu yang tinggal di kota besar pasti bisa shopping sepuasnya. Kala liburan beberapa tempat perbelanjaan pasti tak seramai biasanya. Kamu jadi bisa lebih leluasa berkeliling untuk menikmati masa shopping kamu.

Apalagi jika kamu sudah mempersiapkan budget untuk shopping. Wah liburan pasti terasa surga banget untuk kamu kalau dihabiskan dengan shopping ya. Namun ingat jangan berlebihan dan jangan boros ya.
Membaca

Bagi si kutu buku, liburan di rumah saja bukan hal yang membosankan. Ini karena dengan membaca buku, kita bisa mengembangkan imajinasi dan bisa berasa seakan sedang bepergian ke tempat di mana cerita dalam buku tersebut berada. Membaca bisa jadi kegiatan produktif dan tak terasa waktu berlalu dengan cepatnya.

Buku memang jendela dunia yang kaya manfaat. Kita bisa menambah pengetahuan dan juga mengasah kemampuan imajinasi. Sebelum liburan datang kamu bisa membeli setumpuk buku baru untuk kamu baca selama liburan. Ini pasti asyik banget ya, karena kamu bisa bersantai seharian sambil membaca buku favorit kamu.

7.Melakukan Hobi

Liburan adalah waktu paling pas untuk melaksanakan hobi. Ya memang kadang kesibukan membuat kita tak sempat melakukan hobi. Tak jarang lama sekali kita sudah meninggalkan hobi yang biasa kita lakukan tersebut karena memang sudah tak ada waktu.

Di liburan yang akan datang, coba deh kamu tekuni lagi hobi kamu. Menekuni hobi bisa menyegarkan pikiran. Dengan begitu, saat kembali bekerja pikiran kamu akan fresh dan ide segar kembali bermunculan.

Yang hobi memancing, segera ajak rekan kamu untuk berangkat memancing. Yang hobi masak coba deh berjualan hasil karya kamu siapa tahu jadi penghasilan. Yang hobi berkebun, bisa manfaatkan liburan untuk merawat taman yang tak terurus.
Mendekor Ulang Rumah

Libur telah tiba dan kamu tak ada rencana traveling maupun ke luar kota. Jangan sia-siakan dengan bermalas-malasan saja ya. Kamu bisa melakukan kegiatan positif yang bermanfaat untuk keluarga.

Salah satunya adalah mendekor ulang rumah. Hal yang satu ini memang tak ada habisnya jika ide terus bermunculan. Kamu bisa ajak seluruh keluarga untuk menata ulang ruangan atau menyusun kembali aneka perabot.

Dengan mendekor ulang rumah, maka hunian akan tampak segar dan baru. Kamu dan keluarga juga jadi lebih kerasan tinggal di dalamnya.

8.Bersih-bersih

Saat hari biasa, akui saja beberapa dari kita memang sangat malas membersihkan rumah. Karena terlalu lelah dengan segala aktivitas terkadang membersihkan rumah hanya dilakukan ala kadarnya saja. Padahal kebersihan rumah sangat penting untuk dijaga demi kesehatan keluarga loh.

Momen liburan yang akan datang, kamu bisa jadwalkan untuk beberes rumah. Lakukan pembersihan secara menyeluruh. Sudut-sudut rumah yang biasa terlewatkan sebaiknya kamu bersihkan sebelum muncul sarang laba-laba. Ajak seluruh keluarga bersih-bersih bersama supaya lebih bersemangat. Segala hal yang dilakukan bersama meski berat nanti akan terasa ringan.

9.Berkemah di Halaman

Liburan sudah tiba, kalau belum ada kegiatan di luar rumah, bikin saja kegiatan seru di dalam rumah. Jika kamu memiliki halaman luas, tak ada salahnya mengadakan kemping kecil-kecilan di halaman. Ajak saudara atau teman kamu untuk ikut berkemah di halaman.

Pastinya kegiatan ini seru abis untuk dilakukan. Kamu bisa bersama-sama mendirikan tenda, mempersiapkan peralatan kemah hingga peralatan untuk memasak seolah sedang berkemah di alam terbuka betulan. Kamu bisa juga melakukan barbekyu bersama saudara dan teman. Buat juga api unggun kecil supaya suasana makin meriah.
Membuat Kerajinan Tangan

Liburan bisa jadi waktu yang asyik untuk melakukan banyak hal. Contohnya saja kamu bisa membuat aneka kerajinan tangan. Kamu bisa membuat sesuatu yang menarik dari segala hal yang ada di sekitar kamu. Tak perlu menggunakan bahan baru, kamu bisa menggunakan bahan lama untuk diolah kembali menjadi barang baru.

Membuat kerajinan ini bisa dibuat bersama keluarga bisa juga dibuat bersama teman. Buatlah sesuatu yang unik misalnya saja tempat pensil dari stik es krim atau bingkai foto dari stik es krim.

Membuat kerajinan tangan selama liburan bisa mengasah imajinasi dan juga kreativitas. Apalagi jika kerajinan tersebut dibuat dengan memanfaatkan barang bekas, hitung-hitung kamu sekalian juga menjaga lingkungan kan.

10.Pesta Kebun

Tak ada yang lebih menyenangkan selain pesta kebun. Kamu bisa melakukannya untuk mengisi liburan jika memang hanya di rumah saja. Undang tetangga dan kerabat dekat kamu supaya makin meriah ya.

Dalam pesta kebun kamu bisa membuat games menyenangkan juga. Selain makan bersama, pesta kebun juga bisa digunakan untuk menjalin tali silaturahmi bersama kerabat dan tetangga. Kamu juga bisa undang sahabat kamu untuk ikut memeriahkan acara pesta kebun. Ini pasti jadi pengalaman mengesankan selama liburan ya.

11.Olahraga Bersama

Liburan tentunya sangat menyenangkan meski hanya di rumah saja. Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan bersama. Misalnya saja kamu bisa merencanakan untuk berolahraga bersama seluruh anggota keluarga.

Bangun pagi dan lakukan jogging bersama keluarga. Selain menyenangkan hal ini juga pastinya menyehatkan ketimbang menghabiskan sepanjang pagi tiduran saja di rumah.

Selain jogging, kamu bisa juga memilih untuk bersepeda. Tak perlu jauh-jauh cukup keliling kompleks saja pasti sudah sangat menyenangkan. Menghabiskan masa liburan di rumah dengan berolahraga bersama keluarga pastinya akan sangat menyenangkan bukan?

Inilah koran / jek

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Kamis, 24 Januari 2019 | 14:15 WIB

    Stunting, Atasi dengan Investasi Pangan Hewani

  • Rabu, 23 Januari 2019 | 20:45 WIB

    4 Cara Mengatasi Rasa Takut Anak

  • Rabu, 23 Januari 2019 | 20:45 WIB

    Berat, Gisel Akui Susah Move On dari Gading

  • Rabu, 23 Januari 2019 | 19:30 WIB

    Nyeduh Kopi Sendiri di Kopi Seduh Grand Tjokro

  • Rabu, 23 Januari 2019 | 19:00 WIB

    Cara Mudah Atasi DBD dan Pengobatan yang Tepat

  • Rabu, 23 Januari 2019 | 18:30 WIB

    Semakin Dini DBD Diketahui, Makin Mudah Ditangani!

  • Rabu, 23 Januari 2019 | 16:35 WIB

    Gading Larang Gisel 'Naksir' Lagi

  • Rabu, 23 Januari 2019 | 16:10 WIB

    Gisel & Gading resmi Cerai