Gelar Final Liga 2, Stadion Pakansari Rusak

Gelar Final Liga 2, Stadion Pakansari Rusak

Rabu, 5 Desember 2018 | 13:35 WIB
. Foto: Rishad Noviansyah
INILAH, Bogor - Pemkab Bogor melarang penggunaan Stadion Pakansari untuk sementara waktu. Pasalnya, tribun selatan stadion kebanggaan warga Bumi Tegar Beriman itu rusak usai menyelenggarakan pertandingan perebutan juara ketiga dan grand final Liga 2 Indonesia, Selasa (5/12/2018) malam.

Lebih dari 45 kursi penonton di tribun selatan lepas dan sempat dilempar ke dalam lapangan akibat ulah suporter Persita Tangerang, saat tim kebanggaan mereka kalah 2-0 atas Kalteng Putra dalam perebutan juara tiga Liga 2 Indonesia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Adang Suptandar pun menyesalkan, stadion berkapasitas 30 ribu penonton itu harus menjadi 'korban' keberingasan suporter sepakbola yang notabene tamu di rumah orang.

"Artinya panitia pelaksana (panpel) harusnya bisa mengantisipasi yang bisa membahayakan stadion," kata dia usai meninjau Stadion Pakansari, Rabu (5/12/2018).

Dia menegaskan, laga PSMS Medan kontra PS Tira di Stadion Pakansari, Rabu (5/12/2018), merupakan pertandingan sepakbola terakhir hingga stadion rampung diperbaiki.

"Karena pertandingan itu sudah mengantongi izin juga dari kepolisian, jadi enggak mungkin kita stop. Jadi saya titip kejadian kemarin jangan sampai terulang," katanya.

Menurutnya, setiap pertandingan sepakbola selalu memiliki standar operasional prosedur (SOP). "Jangankan cerawat (flare), botol minuman pun tidak boleh masuk semestinya. Ini kan jadi pertanyaan untuk panpel," tegasnya.

Pelarangan penggunaan Stadion Pakansari, kata Adang, atas perintah Bupati Nurhayanti. Karena, selain biaya sewa stadion, tapi ada kewajiban tanggung jawab oleh penyelenggara kalau ada kerusakan.

"Sebelumnya, PSSI memang langsung meminta izin untuk menyelenggarakan pertandingan. Kursi-kursi yang rusak juga jadi panitia panpel," kata Adang.

Untuk biaya ganti rugi, kata dia, panpel akan berurusan dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). "Sudah ada nota perjanjiannya kok. Ke depan, Stadion Pakansari akan lebih selektif mana-mana pertandingan yang layak digelar di sini. Bagaimanapun ini stadion standar internasional," tegasnya.

/ dey

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Kamis, 21 Februari 2019 | 17:45 WIB

    Komisi IV Minta Pembangunan RSUD Jangan Bermasalah

  • Kamis, 21 Februari 2019 | 17:15 WIB

    Danrem Segera Mencari Prajurit Terbaik

  • Kamis, 21 Februari 2019 | 16:10 WIB

    Ade Yasin Dorong Kawasan LIPI Cibinong jadi Kebun Raya

  • Rabu, 20 Februari 2019 | 13:30 WIB

    BSF Akan Jadi Event Nasional

  • Rabu, 20 Februari 2019 | 11:50 WIB

    Hasil Survei IPB Memuaskan, PDAM Janji Tingkatkan Layanan