Dana Perwalian Kebudayaan Sudah Mendesak

Dana Perwalian Kebudayaan Sudah Mendesak

Selasa, 4 Desember 2018 | 10:06 WIB
Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid (tengah). INILAH/Daulat Fajar
INILAH, Jakarta - Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud berharap dana perwalian budaya dapat segera direalisasikan. 

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, dana perwalian sangat penting bagi perkembangan kebudayaan di daerah-daerah. 

Hilmar menyatakan, pihaknya telah melakukan pembicaraan yang panjang dan serius bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani. Adapun secara teknis hal ini sudah berjalan di tingkat kementerian. 

"Kita berharap ini akan segera jalan. Dana perwalian budaya itu ibarat beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), tapi ini di bidang kebudayaan," kata Hilmar dalam konferensi pers Kongres Kebudayaan Indonesia 2018 di Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Senin (03/12). 

Hilmar melanjutkan, pihaknya akan mengangkat masalah ini pada pagelaran Kongres Kebudayaan Indonesia yang dilaksanakan pada 5-9 Desember 2018 besok di kompleks perkantoran Kemendikbud, Senayan, Jakarta. Untuk itu dia akan mencarikan sumber anggaran sebagai alokasi dana perwalian budaya. 

Menurutnya dana untuk pengembangan dan perawatan kebudayaan sangat dibutuhkan seperti untuk seniman mau berkeliaran di daerah. Selain ini yang terjadi di lapangan justru mereka kesulitan ketika hendak mengakses dana publik. 

Seharusnya, kata Hilmar, hal itu bisa dilayani di tingkat kabupaten/kota. Dia yakin dana perwalian ini akan lebih mudah untuk melayani kegiatan kebudayaan ke depannya seraya tidak lupa dibarengi dengan transparansi. 

"Akan jauh lebih fair juga karena lembaga (dana perwalian) fokusnya hanya untuk melayani itu permintaan dan kebutuhan yang ada di lapangan. Ini bukan kami yang meminta tapi memang kebutuhan yang nyata," pungkasnya.

Daulat Fajar Yanuar / bsf

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Selasa, 19 Februari 2019 | 19:00 WIB

    Belum Tuntas, Polisi Kembali Periksa Jokdri Kamis

  • Selasa, 19 Februari 2019 | 18:45 WIB

    Dua Kali Bom Palsu Teror Cilacap, Polisi Buru Pelaku

  • Selasa, 19 Februari 2019 | 16:25 WIB

    Buka-bukaan JK Soal Lahan Prabowo: Apa yang Salah?

  • Selasa, 19 Februari 2019 | 15:30 WIB

    Tidak Ada Perpanjangan Pendaftaran SNMPTN