Pertamina Genjot Pemasaran BBM Nonsubsidi

Pertamina Genjot Pemasaran BBM Nonsubsidi

Jumat, 30 November 2018 | 17:49 WIB - Oleh: Doni Ramdhani
INILAH, Bandung - Pertamina mulai fokus memasarkan produk bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi.

Marketing Operation Region (MOR) III Pertamina pun menjalankan sejumlah strategi untuk menggenjot penjualan BBM nonsubsidi di pulau Jawa Bagian Barat (JBB).

Section Head Communication Relations MOR III Pertamina Alih Istik Wahyuni menyebutkan, pihaknya mengajak masyarakat untuk beralih ke BBM nonsubsidi. Menurutnya, BBM jenis ini relatif lebih ramah lingkungan.
Berbeda dengan BBM bersubsidi yang harganya diatur pemerintah, harga BBM nonsubsidi itu mengacu pada fluktuasi harga minyak dunia.

Menurutnya, secara umum penyedia BBM di Tanah Air itu menjalankan program Berkah Energi Pertamina. Melalui program tersebut, Pertamina memberikan bentuk apresiasi berupa undian berhadiah kepada semua pelanggan yang membeli produk unggulan Pertamina, khususnya barang nonsubsidi.

"Selain di tempat umum, kita melakukan sosialisasi BBM nonsubsidi ini ke sekolah-sekolah. Di SMKN 13 Kota Bandung ini merupakan gelaran keempat kalinya. Sebelumnya, acara di sekolah ini digelar di Jakarta, Taiskmalaya, dan Balongan. Sekolah yang dipilih sengaja yang berada dekat dengan terminal BBM," kata Alih di sela kegiatan Safe Ride Saves Hope di SMKN 13 Kota Bandung, Kamis (29/11/2018).

Dia menjelaskan, program Berkah Energi Pertamina ini merupakan program yang relatif besar dijalankan. Sosialisasi undian berhadiah ini pun gencar dilakukan. Seperti beberapa waktu lalu pihaknya menggandeng sejumlah pengemudi ojek online di Kota Bandung untuk menggunakan aplikasi MyPertamina.

Sebelumnya, Pertamina semakin memanjakan para pelanggan setianya. Unit Manager Communication & CSR MOR III Pertamina Dian Hapsari Firasati mengatakan, saat ini pihaknya meluncurkan aplikasi MyPertamina.

Menurutnya, aplikasi yang bisa mudah diunduh ini memberikan kemudahan seperti informasi lokasi SPBU hingga reward menarik untuk pelanggan setia. Hingga saat ini, ribuan orang di wilayah Jakarta, Jabar, dan Banten mengunduh aplikasi di masing-masing smartphonenya.

"Untuk di wilayah MOR III, kita menargetkan aplikasi ini bisa diunduh hingga ratusan ribu bahkan jutaan orang," kata Dian.
Guna penetrasi pasar, pada akhir pekan lalu pihaknya memberikan sosialisasi di sejumlah titik car free day. Sosialisasi serentak ini dilakukan di Bekasi, Bandung, Tasikmalaya, Cilegon, dan Cirebon. Pengunjung yang hadir ke Car Free Day dikejutkan dengan undian yang salah satunya berhadiah Mobil Mercy lewat mendownload sebuah aplikasi.

Dian menuturkan, kini pihaknya menggelar program Berkah Energi Pertamina. Melalui program ini, Pertamina memberikan bentuk apresiasi berupa undian berhadiah kepada semua pelanggan yang membeli produk unggulan Pertamina, khususnya barang nonsubsidi. Sejumlah hadiah mulai dari paket umrah, mobil Mercy, motor Harley Davidson, mobil Innova, dan motor NMax akan diundi selama tiga kali hingga periode Juli 2019 mendatang.

"Cara mengikuti undian ini mudah. Bagi pelanggan yang melakukan pembelian BBM, bright gas, dan pelumas nonsubsidi akan mendapatkan kesempatan mendapatkan undian berhadiah. Mereka hanya cukup dengan scan struknya di aplikasi MyPertamina. Aplikasi ini dapat di-download di PlayStore ataupun AppStore," jelasnya.

Doni Ramdhani / jul

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Selasa, 11 Desember 2018 | 17:17 WIB

    Harbokir, Pengiriman Barang JNE Naik 178%

  • Selasa, 11 Desember 2018 | 13:30 WIB

    Garuda Indonesia Akan Beroperasi di Kertajati

  • Senin, 10 Desember 2018 | 16:26 WIB

    Paytren Bidik 10 Juta Pengguna Aktif

  • Minggu, 9 Desember 2018 | 17:53 WIB

    BI Dukung Hilirisasi Kopi Jabar

  • Minggu, 9 Desember 2018 | 16:58 WIB

    Penjualan Motor Sport Honda Capai 41.876 Unit

  • Jumat, 7 Desember 2018 | 16:58 WIB

    YAHM Kembangkan Kampung Labirin di Bogor

  • Kamis, 6 Desember 2018 | 17:06 WIB

    Pendapatan PT KAI Daop 2 Lampaui Target