Partai Pengusung Siapkan Calon Wabup Indramayu

Partai Pengusung Siapkan Calon Wabup Indramayu

Kamis, 8 November 2018 | 17:48 WIB - Oleh: Erika Lia
INILAH, Indramayu - Penggantian jabatan bupati Indramayu oleh Wakil Bupati Indramayu, Supendi, akan membuat posisi wakil bupati (wabup) kosong. Sejauh ini, ketiga partai pengusung Anna Sophanah-Supendi dalam Pilkada Indramayu, yakni Gerindra, PKS, dan Demokrat, belum memutuskan calon pengganti wabup.

"Pengganti wabup belum ada. Pengunduran diri bupati juga kan masih proses, masih panjang," ungkap Ketua Fraksi Gerindra DPRD Indramayu, Kasan Basari.

Dia menyatakan, sebagaimana aturan, partai pengusung berhak menentukan posisi wabup. Pihaknya pun akan segera mengadakan musyawarah mufakat dengan PKS dan Demokrat untuk menentukan posisi wabup.

Ketua Fraksi PKS DPRD Indramayu, Ruswa menyatakan, hingga kini PKS bersama Gerindra dan Demokrat belum membahas penggantian wabup. 

Namun, PKS sendiri telah menyiapkan tiga nama dari internal PKS untuk diusulkan sebagai wabup. Hanya, dia enggan menyebutkan ketiga nama tersebut.

"PKS tak bisa sendiri, rekomendasi pengganti wabup harus disepakati bersama Gerindra dan Demokrat," cetus Ruswa.

Dia mengakui, nama yang kelak diusulkan ketiga partai pengusung bisa berasal dari luar ketiga partai. Namun yang pasti, nama tersebut harus disepakati dan diusulkan partai pengusung.

Anggota Fraksi Demokrat DPRD Indramayu, Taufik Hadi Sutrisno, pun menyatakan, partainya juga  belum menentukan nama yang akan diusulkan sebagai calon wabup. 

"Kami juga akan menyiapkan calon. Tapi, harus ada kesepakatan dengan partai pengusung lain," tegasnya.

Anna Sophanah-Supendi sebelumnya ditetapkan KPU Indramayu sebagai bupati dan wakil bupati Indramayu terpilih periode 2016-2021. 

Penetapan dilakukan melalui rapat pleno yang digelar di kantor KPU setempat pada 23 Januari 2016.

Anna-Supendi diusung Partai Gerindra, PKS, dan Demokrat, dengan dukungan Partai Golkar. Keduanya merupakan pasangan petahana.

Pasangan ini sebelumnya telah menjabat sebagai bupati/wakil bupati Indramayu periode 2010-2015. Anna terpilih sebagai bupati periode pertama menggantikan suaminya, Irianto MS Syafiuddin (Yance) yang bupati Indramayu selama dua periode, masing-masing 2000-2005 dan 2005-2010.

Erika Lia

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Jumat, 16 November 2018 | 15:33 WIB

    Polda Sita Rp 1,9M dari Kasus Dana Hibah di Tasik

  • Jumat, 16 November 2018 | 13:33 WIB

    Mantan Kuwu Diduga Korupsi Dana Desa

  • Jumat, 16 November 2018 | 12:27 WIB

    Pemkot Depok Siapkan Perwal LGBT

  • Jumat, 16 November 2018 | 10:04 WIB

    Harga Bahan Pangan di Purwakarta Cenderung Stabil

  • Kamis, 15 November 2018 | 14:08 WIB

    Karyawan Bank Diperiksa KPK, Telusuri Aliran Dana Sunjaya?